Abstract:
Siswa cenderung hanya menggunakan buku dan alat peraga sebagai media
pembelajaran, kurangnya penggunaan multimedia interaktif berbasis flash dalam
proses pembelajaran matematika membuat siswa cenderung pasif dalam proses
pembelajaran matematika. Penelitian pengembangan ini dilakukan untuk
menghasilkan suatu multimedia interaktif pembelajaran matematika yang layak
digunakan dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan
pengembangan (Research and Development) menurut Sugiyono. Pengembangan
multimedia interaktif pembelajaran matematika ini dibuat dengan aplikasi Adobe
Flash CS6 Professional pada materi peluang. Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas IX SMP Harapan Mekar Marelan. Pada penelitian ini peneliti hanya
mengambil sampel sebanyak 6 orang siswa kelas IX SMP Harapan Mekar
Marelan. Objek penelitian ini adalah multimedia interaktif berupa video
pembelajaran matematika untuk siswa SMP Harapan Mekar Marelan. Pada
penelitian ini dilakukan 3 tahap yaitu analisis, perancangan dan tahap
pengembangan yang kemudian divalidasikan oleh ahli materi dan ahli media.
Hasil penilaian multimedia interaktif pembelajaran matematika oleh ahli materi
dan ahli media diperoleh skor rata-rata 4,6 dengan klasifikasi kategori “sangat
baik”. Dapat diartikan bahwa multimedia interaktif pembelajaran matematika ini
layak digunakan dalam proses pembelajaran. Respon siswa terhadap multimedia
interaktif pembelajaran matematika ini “sangat baik” dengan persentase 88%
sehingga dapat dikatakan bahwa multimedia interaktif pembelajaran matematika
ini praktis dan mudah digunakan dalam proses pembelajaran.