Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan serta kepraktisan dari media pembelajaran berbasis edutaiment yang dikembangkan yaitu permainan monopoli. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Swata PAB 9 Klambir V T.A 2019/2020 yang berjumlah 30 orang. Pengembangan media pembelajaran ditujukan untuk materi aritmatika sosial.
Berdasarkan analisis data, rata – rata pretes yang diperoleh siswa adalah 48,125 dan rata – rata postes setelah diberikan perlakuan yaitu 85,7 dengan rata – rata n gain 0,72 yaitu kategori tinggi. Tujuan pembelajaran telah berhasil. Serta respon siswa bernilai positif yaitu 96,1 % siswa tertarik dengan penggunaan media dalam proses pembelajaran. Hasil para ahli menyatakan bahwa media pembelajaran matematika yang dikembangkan valid untuk digunakan.
Berdasarkan uraian – uraian di atas disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran matematika berbasis edutaiment pada pembelajaran matematika realistic bersifat valid dan praktis digunakan.