Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan
kemampuan analisis belajar matematika siswa dengan menggunakan teknik
pembelajaran peer correction pada pokok pembahasan jaraktitik, garis dan bidang
bangun dan balok di kelas X A semester genap SMA Muhammadiyah 5 Lubuk
Pakam T.P 2018/2019.
Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK).Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui tes
dan lembar observasi. Untuk mengumpulkan data penelitian menggunakan tes
uraian. Dan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X A
semester genap SMA Muhammadiyah 5 LubukPakam yang berjumlah 32 orang
yang terdiridari 12 orang perempuandan 20 orang laki-laki padatahun pelajaran
2018/2019.
Penelitian ini dilakukan dengan 3 siklus, yang setiap siklusnya mempunyai
tahapan-tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada tes
awal tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal memperoleh 12,5% dimana
proses pembelajaran tidak menggunakan Teknik Pembelajaran Peer Correction.
Pada siklus I ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 34,375% dengan nilai
rata-rata observasi sebesar 1,565625 yang tergolong kurang. Pada siklus II
ketuntasan belajar siswa juga meningkat menjadi 59,375% dengan nilai rata-rata
observasi pembelajaran sebesar 2,49375 yang tergolong cukup. Pada siklus III
ketuntasan belajar juga meningkat menjadi 87,5% dengan nilai rata-rata observasi
pembelajaran sebesar 3,021875 yang tergolong baik. Ternyata penggunaan Teknik
Pembelajaran Peer Correction dapat meningkat kemampun analisis belajar
matematika siswa dengan ditunjukkannya hasil peningkatan kemampuankemampuan
analisis belajar matematika siswa dari tes awal, siklus I, siklus II dan
siklus III.