Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
aktif tipe Quiz Team terhadap keterampilan belajar matematika siswa. Jenis
penelitian dalam penelitiaan ini adalah kuantitatif dengan metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah ekperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh
siswa SMP Muhammadiyah 07 Medan yang terdiri dari 7 kelas dan yang menjadi
sampel penelitian adalah kelas VII-1 sebagai kelas kontrol dan kelas VII-2
sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah observasi dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini
adalah dengan menggunakan uji-t untuk menguji hipotesis. Dari hasil
perhitungan diperoleh = 2,97 dan =1999 dengan taraf signifikan
=0,05 maka dapat ditentukan bahwa (2,97)> (1,999). Karena
> berdasarkan kriteria yang digunakan maka H0 di tolak dan Ha
diterima. Dengan demikian keterampilan belajar matematika siswa di kelas
eksperimen lebih baik dari pada dikelas kontrol. Dan dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh model pembelajaran aktif tipe Quiz Team terhadap
keterampilan belajar matematika siswa di SMP Muhammadiyah 07 Medan.