Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Berpikir Kritis Siswa Dalam Mata Pelajaran PPKn di SMP Negeri 01 Secanggang Tahun Pelajaran 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.author Riski, Ade Diana
dc.date.accessioned 2020-11-16T08:25:40Z
dc.date.available 2020-11-16T08:25:40Z
dc.date.issued 2020-11-09
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12153
dc.description.abstract Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat adakah pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran inquiry terhadap berfikir kritis siswa SMP Negeri 01 Secanggang kelas VIII-1 Tahun pelajaran 2019/2020. Populasi dari penelitian ini adalah siswa siswi SMP Negeri 01 Secanggang maka sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII-1 yang berjumlah sebanyak 32 orang siswa. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Uji validitas angket, uji rehabilitas angket dan uji hipotesis. Penelitian ini adalah penelitian kolerasional. Teknik yang digunakan dengan membuat suatu analisis statistik, menggunakan uji kolerasi product moment sederhana hipotesis di uji pada sat signifikasi α = .dari hasil analisis yang dilakukan, antara kedua variabel menpunyai hubungan yang cukup kuat. Upaya meningkatkan dan membina pengetahuan siswa, setelah diadakan analisis data yang dilakukan peneliti maka dapat diperoleh beberapa hal mengenai pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap berpikir kritis. Hal ini ditunjukkan dengan nilai korelasi yang diperoleh dari perhitungan korelasi product moment (rhitung = 0,784> rtabel = 0,355) dan (thitung = 4,987 > ttabel = 2,045). Hubungan mata pelajaran PPKn dengan model pembelajaran inquiry terhadap daya berpikir kritis siswa SMP NEGERI 01 Secanggang pada taraf signifikan 61,4% adalah 0,784 dikategorikan hubungan kuat. Artinya model pembelajaran inquiry sangat berpengaruh terhadap keterampilan berfikir kritis siswa dalam mata pelajaran PPKn disekolah SMP Negeri 01 Secanggang. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Model Pembelajaran en_US
dc.subject Inquiry en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Berpikir Kritis Siswa Dalam Mata Pelajaran PPKn di SMP Negeri 01 Secanggang Tahun Pelajaran 2019/2020 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account