Abstract:
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat adakah pengaruh
yang signifikan antara model pembelajaran inquiry terhadap berfikir kritis siswa
SMP Negeri 01 Secanggang kelas VIII-1 Tahun pelajaran 2019/2020. Populasi
dari penelitian ini adalah siswa siswi SMP Negeri 01 Secanggang maka sampel
pada penelitian ini adalah kelas VIII-1 yang berjumlah sebanyak 32 orang siswa.
Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif.
Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan angket dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Uji validitas angket, uji
rehabilitas angket dan uji hipotesis.
Penelitian ini adalah penelitian kolerasional. Teknik yang digunakan
dengan membuat suatu analisis statistik, menggunakan uji kolerasi product
moment sederhana hipotesis di uji pada sat signifikasi α = .dari hasil analisis yang
dilakukan, antara kedua variabel menpunyai hubungan yang cukup kuat.
Upaya meningkatkan dan membina pengetahuan siswa, setelah diadakan
analisis data yang dilakukan peneliti maka dapat diperoleh beberapa hal mengenai
pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap berpikir kritis. Hal ini ditunjukkan
dengan nilai korelasi yang diperoleh dari perhitungan korelasi product moment
(rhitung = 0,784> rtabel = 0,355) dan (thitung = 4,987 > ttabel = 2,045).
Hubungan mata pelajaran PPKn dengan model pembelajaran inquiry
terhadap daya berpikir kritis siswa SMP NEGERI 01 Secanggang pada taraf
signifikan 61,4% adalah 0,784 dikategorikan hubungan kuat. Artinya model
pembelajaran inquiry sangat berpengaruh terhadap keterampilan berfikir kritis
siswa dalam mata pelajaran PPKn disekolah SMP Negeri 01 Secanggang.