Research Repository

Analisis Bahasa Anak Yang Mengalami Gangguan Kelancaran Berbicara (Gagap)

Show simple item record

dc.contributor.author Saragih, Asri Darmayanti
dc.date.accessioned 2020-11-16T07:28:24Z
dc.date.available 2020-11-16T07:28:24Z
dc.date.issued 2018-02-27
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12087
dc.description.abstract Bahasa adalah satu-satunya milik manusia yang tidak pernah lepas dari segala kegiatan dan gerak manusia sepanjang keberadaan manusia itu, sebagai makhluk berbudaya dan bermasyarakat. Setiap hari manusia tidak pernah lepas dengan yang namanya bahasa, dari semenjak kecil manusia tsudah sangat terbiasa untuk berbahasa. Anak-anak dengan kelainan bahasa mempunyai kesulitan dalam mengekspresikan pikirannya atau memahami apa yang diucapkannya. Keterlambatan bicara dapat diketahui dari ketepatan penggunaan kata, yang ditandai dengan pengucapan yang tidak jelas. Rendahnya kemampuan berbicara anak dapat terlihat dari kesulitan anak untuk berbicara dengan bahasa lisan, sulit menjawab pertanyaan, malu untuk bertanya, sulit untuk menceritakan pengalaman yang sederhana dan kemampuan kosa kata anak yang masih terbatas. Anak yang mengalami gangguan kelancaran berbicara (gagap) adalah anakyang memiliki gangguan kelancaran berbicara yang terjadi akibat dari perasaan kekhawatiran/kecemasan yang sangat tinggi saat hendak berbicara dengan lawan bicaranya, sehingga orang tersebut merasa kesulitan untuk mengungkapkan apa yang hendak ia bicarakan kepada lawan bicaranya, akibatnya ia berbicara dengan tersendat-sendat, mengulang-ulang ucapanya, dan mendadak berhenti untuk menyelesaikan apa yang hendak ia ucapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk bahasa anak yang mengalami gangguan kelancaran berbicara (gagap). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 067777 di Jl. Young Panah Hijau Kel. Labuhan Deli. Dalam penelitian ini, peneliti mengamati sebanyak tiga orang anak yang mengalami gangguan kelancaran berbicara (gagap). Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode deskriptif dengan teknik analisis data kualitatif yaitu cara atau teknik yang mengungkapkan fakta yang jelas tentang gejala-gejala pada suatu objek penelitian. Setelah mengamati dan mengelolah data yang ada dari hasil pengamatan ini hasilnya menunjukkan bahwa bentuk bahasa anak yang mengalami gangguan kelancaran berbicara (gagap) adalah bentuk bahasa pengulangan (repetisi). en_US
dc.subject Analisis Bahasa Anak en_US
dc.subject Mengalami Gangguan en_US
dc.subject Kelancaran Berbicara (Gagap). en_US
dc.title Analisis Bahasa Anak Yang Mengalami Gangguan Kelancaran Berbicara (Gagap) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account