dc.description.abstract |
Rumusan masalah penelitian ini yaitu : “Apakah dengan menerapkan
kolaborasi model pembelajaran problem posing dengan number head together
dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS 3 pada materi
pembelajaran jurnal khusus di SMA Swasta Dharmawangsa Medan T.P
2016/2017?”.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
akuntansi siswa pada materi jurnal khusus dikelas XII IPS 3 SMA Swasta
Dharmawangsa Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Adapun subjek penelitian ini adalah Kelas XII IPS 3 SMA Swasta
Dharmawangsa Medan terdiri dari 33 siswa. Sedangkan objek penelitian adalah
Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Problem Posing dengan Number
Head Together pada materi jurnal khusus.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi. Adapun
hasil penelitian pada siklus I dengan nilai rata-rata 75,60 dengan tingkat
ketuntasan 66,66% dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata
83,33 dengan tingkat ketuntasan 90,90%.
Dari hasil penelitian ini dapat dilihat bahwa penerapan Kolaborasi Model
Pembelajaran Problem Posing dengan Number Head Together dapat
meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa dan aktivitas belajar siswa . Hal ini
ditunjukkan dengan tingkat ketuntasan hasil evaluasi peserta didik secara klasikal
setelah menerapkan kolaborasi model pembelajaran Problem Posing dengan
Number Head Together dari 75,60% pada siklus I, kemudian pada siklus II
mengalami peningkatan yang sangat memuaskan dengan tingkat ketuntasan
83,33%. |
en_US |