dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil
belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Inside Outside Circle
dengan menggunakan media audio-visual di kelas XI Akuntansi SMK Laksamana
Martadinata Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Adapun Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XI Akuntansi
SMK Laksamana Martadinata Medan yang terdiri dari 1 kelas berjumlah 41
siswa. Sedangkan objek penelitian adalah Penerapan model pembelajaran Inside
Outside Circle dengan menggunakan media audio-visual untuk meningkatkan
hasil belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Laksamana Martadinata Medan pada
materi Mengelola Kartu Aktiva tetap.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes berbentuk subjektif tes dan
observasi. Teknik analisis data menggunakan rata-rata kelas dan tingkat ketentuan
belajar. Adapun hasil penelitian pada siklus I dengan nilai rata-rata 70,74 % dari
41 siswa ada 29 orang siswa yang mencapai ketuntasan belajar sedangkan di
siklus ke II dengan nilai rata-rata 92,68% dari 41 siswa ada 38 siswa yang sudah
memenuhi ketuntasan belajar.
Hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran Inside
Outside Circle dengan menggunakan media Audio Visual ternyata dapat
meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa. Hal ini ditunjukkan dengan tingkat
ketuntasan hasil evaluasi peserta didik secara klasikal sebelum menggunakan
strategi pembelajaran Inside Otside Circle dengan menggunakan media Audio
Visual dari 39,03% meningkat menjadi 70,74% pada siklus I, kemudian pada
siklus II juga mengalami peningkatan dengan tingkat ketuntasan 92,68% |
en_US |