Research Repository

Pengaruh Media Pembelajaran Ular Tangga Sastra Terhadap Kemampuanmengapresiasi Puisi Selamat Tinggal Karya Chairil Anwar Oleh Siswa Mamuhammadiyah 1medan Tahun Pembelarajan 2017-2018

Show simple item record

dc.contributor.author Kharisa, Siti
dc.date.accessioned 2020-03-01T09:20:42Z
dc.date.available 2020-03-01T09:20:42Z
dc.date.issued 2018-08-16
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1202
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran ular tangga sastra terhadap kemampuan mengapresiasi puisi Selamat Tinggal karya Chairil Anwar oleh Siswa MA Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pembelarajan 2017-2018. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian pre-experimental design dengan jenis one- group pretest posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa dari kelas X-2 yang berjumlah sebanyak 27 orang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan tes esai untuk mengetahui tingkat mengapresiasi puisi siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yakni adanya tes awal (pretes) dan adanya tes akhir (postes) dengan teknik analisis data menggunakan uji paired t-test. Hasil penelitian sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran ular tangga sastra menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media pembelajaran ular tangga sastra terhadap kemampuan mengapresiasi puisi Selamat Tinggal karya Chairil Anwar oleh siswa MA Muhammadiyah 1 Medan tahun pembelarajan 2017-2018. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung yang lebih besar dari ttabel (22,8360> 1,703) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) dengan ini penelitian yang dilakukan diterima dan berhasil en_US
dc.subject eksperimen en_US
dc.subject puisi Selamat Tinggal en_US
dc.title Pengaruh Media Pembelajaran Ular Tangga Sastra Terhadap Kemampuanmengapresiasi Puisi Selamat Tinggal Karya Chairil Anwar Oleh Siswa Mamuhammadiyah 1medan Tahun Pembelarajan 2017-2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account