Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran ular
tangga sastra terhadap kemampuan mengapresiasi puisi Selamat Tinggal karya
Chairil Anwar oleh Siswa MA Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pembelarajan
2017-2018. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan
desain penelitian pre-experimental design dengan jenis one- group pretest posttest
design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa dari kelas X-2 yang berjumlah
sebanyak 27 orang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan tes esai untuk
mengetahui tingkat mengapresiasi puisi siswa. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini yakni adanya tes awal (pretes) dan adanya tes akhir (postes) dengan
teknik analisis data menggunakan uji paired t-test. Hasil penelitian sebelum dan
sesudah menggunakan media pembelajaran ular tangga sastra menunjukkan
adanya pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media pembelajaran ular
tangga sastra terhadap kemampuan mengapresiasi puisi Selamat Tinggal karya
Chairil Anwar oleh siswa MA Muhammadiyah 1 Medan tahun pembelarajan
2017-2018. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung yang lebih besar dari ttabel
(22,8360> 1,703) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05
(0,000 < 0,05) dengan ini penelitian yang dilakukan diterima dan berhasil