dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar
akuntansi siswa dengan menerapkan model pembelajaran Inside Outside Circle
pada pokok bahasan laporan keuangan di kelas X SMK PAB HELVETIA. Dan
untuk mengetahui ada peningkatan hasil belajar akuntansi siswa dengan
menerapkan model pembelajaran Inside Outside Circle di kelas XSMK PAB
HELVETIA Tahun Pembelajaran 2016/2017. Instrumen penelitian yang
digunakan adalah test (pretest dan post test), observasi. Tes adalah alat atau
prosedur yang dipergunakan dalam rangka pengukuran atau penilaian. Tes yang
digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis yang diberikan kepada siswa
yang berisi 6 soal yang berbentuk essay tes. Observasi yang dilakukan adalah
observasi kegiatan siswa yang digunakan untuk mengumpulkan data siswa dalam
proses belajar mengajar. Berdasarkan penelitian yang dilakukan melalui test,
observasi dapat dilihat bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada test awal
persentase siswa yang tuntas 31,57%. Kemudian setelah dilakukan post test siklus
I persentase ketuntasan naik menjadi 42,10 % dan pada siklus ke II mengalami
peningkatan menjadi 71,05 %. Dengan demikian hipotesis penelitian yaitu “Ada
peningkatan hasil belajar akuntansi siswa kelas Xdi SMK PAB HELVETIA
dengan menerapkan model pembelajaran Inside Outside Circle Untuk
meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa tahun pembelajaran 2016/2017
diterima |
en_US |