Abstract:
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
word square terhadap kemapuan mencari struktur teks negosiasi oleh siswa kelas
X SMK PAB 8 Sampali Tahun Pembelajaran 2017-2018. Lokasi penelitian ini
dilaksanakan di SMK PAB 8 Sampali dengan populasi 65 siswa yang terdiri dari
2 kelas dan keseluruhannya dijadikan sampel penelitian. Kelas X BM-I dijadikan
sebagai kelas eksperimen sedangkan Kelas X BM-II dijadikan sebagai kelas
kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen
yaitu cara atau teknik yang mengungkapkan fakta yang jelas tentang gejala-gejala
yang ada pada suatu objek penelitian. Instrumen yang digunakan adalah tes teka
teki silang dengan posttes-only control design. Berdasarkan teknik analisis data,
dapat diketahui bahwa kemampuan mencari struktur teks negosiasi dengan model
pembelajaran word square memperoleh nilai rata-rata 74,69 termasuk dalam
katagori baik dan kemampuan mencari struktur teks negosiasi tanpa model
pembelajaran word square memperoleh nilai rata-rata 55,94 termasuk katagori
cukup. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh uji “t” dengan hasil pengujian
taraf α = 0,05 maka diperoleh Thitung > Ttabel atau 8,6>1,66 sehingga alternatif (Ha)
pada penelitian ini terbukti kebenarannya diterima. Dapat disimpulkan pengaruh
signifikan model pembelajaran word square terhadap kemampuan mencari
struktur teks negosiasi oleh siswa kelas X SMK PAB 8 Sampali Tahun
Pembelajan 2017-2018.