dc.description.abstract |
Tujuan dari penelitian ini yaitu 1). Untuk menganalisis sistim pengolahan
ikan asin di daerah penelitian. 2). Untuk menganalisis saluran pemasaran ikan teri
asin di daerah penelitian. 3). Untuk menganalisis besar biaya pemasaran,
keuntungan, share margin dan tingkat efisiensi pemasaran ikan teri asin didaerah
penelitian.
Metode penentuan lokasi penelitian dilakukan secara populasi. Sampel
petani dalam penelitan ini sebanyak 25 orang, sampel pedagang pengumpul
sebanyak sebanyak 3 orang dan sampel pedagang Pengecer sebanyak 11 orang.
Metode penentuan sampel penelitian dilakukan secara sensus. Metode analisis
data untuk rumusan masalah pertama di analisis dengan analis deskriptif, rumusan
masalah kedua dianalisis dengan metode share margin dan rumusan masallah
ketiga dianalisis dengan rumus total biaya pemasaran dibagi harga beli konsumen
akhir dikali 100%.
Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1). Proses pengolahan ikan
teri asin digolongkan menjadi empat proses pengolahan yaitu, pembersihan dari
kotoran, penggaraman, pencucian dan pengeringan. 2). Saluran pemasaran
didaerah penelitian terdiri dari 3 saluran pemasaran, saluran pemasaran yang
pertama dari nelayan ke konsumen, saluran pemasaran kedua nelayan menjual
kepedagang pengecer dan pedagang pengecer menjual ke konsumen dan saluran
pemasaran ketiga nelayan menjual kepedagang pengumpul, pedagang pengumpul
menjual ke pedagang pengecer, kemudian pedagang pengecer menjual ke
konsumen. 3). Biaya pemasaran terdiri dari biaya transportasi, tenaga kerja,
peking atau pengemasan. Share margin yang di peroleh pada saluran I sebesar
100% dengan biaya pemasaran sebesar Rp. 3.176/Kg. Share margin yang di
peroleh pada saluran II sebesar 90% dengan biaya pemasaran sebesar Rp.
3000./Kg. Share margin yang di peroleh pada saluran III sebesar 83,65% dengan
biaya pemasaran sebesar Rp. 3.503/Kg Efisiensi pemasaran pada saluran I sebesar
6,3% < 33%, Efisiensi pemasaran pada saluran II sebesar 6,7% < 33%, Efisiensi
pemasaran pada saluran III sebesar 6,86% < 33%. |
en_US |