Research Repository

Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Melalui Metode Pembelajaran Point Counter Point Di Kelas X SMK Ar-Rahman Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Noni Nuryati, Rambe
dc.date.accessioned 2020-11-16T04:28:33Z
dc.date.available 2020-11-16T04:28:33Z
dc.date.issued 2017-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11961
dc.description.abstract Permasalahan dalam penelitian ini adalah “ Rendahnya Aktivitas dan Hasil Belajar siswa kelas X SMK Ar-Rahman Medan.” Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan menerapkan metode pembelajaran Point Counter Point dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X SMK Ar-Rahman Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Ar-Rahman Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 semester genap. Subjek penelitian adalah siswa kelas X yang berjumlah 38 orang. Teknik yang digunakan untuk mengumpul datadalam penelitian ini menggunakan observasi. Tes yang digunakan adalah Essay test. Observasi aktivitas belajar siswa dilakukan secara langsung pada saat proses belajar mengajar dengan menerapkan metode pembelajaran Point Counter Point. Berdasarkan hasil analisa data diperoleh hasil belajar pada tes awal (pretest) dengan 34,21% yang tuntas dengan nilai rata-rata 65,66. Data postest siklus I dengan nilai rata-rata 69,47 hanya 52,63% siswa yang memenuhi ketuntasan. Sedangkan data posttest II dengan rata-rata nilai hasil belajar 78,42 dengan nilai ketuntasan 86,84%. Berarti ada peningkatan hasil belajar siswa dari postest siklus I dan siklus II sebesar 34,21%. Hasil observasi yang telah dilakukan menunjukkan peningkatan aktivitas siswa 39,84% (siklus I 36,84% sedangkan siklus II 76,32%) Dari hasil perolehan hasil belajar siswa dan lembar observasi, disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Point Counter Point pada materi Jurnal Penyesuaian di kelas X SMK Ar-Rahman Medan T.P 2016/2017 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini berarti bahwa metode pembelajaran Point Counter Point dapat digunakan sebagai alternative dalam pembelajaran akuntansi. en_US
dc.subject Aktivitas, Hasil Belajar en_US
dc.subject Point Counter Point en_US
dc.title Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Melalui Metode Pembelajaran Point Counter Point Di Kelas X SMK Ar-Rahman Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account