Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah Pengaruh Media
Tayangan Talk Show Kick Andy terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi
oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 42 Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018”.
Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 42 Medan yang berjumlah
243 siswa. Sedangkan sampel diambil secara random kelas sebanyak dua kelas,
yaitu 35 siswa sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media tayangan
Talk Show Kick Andy dan 35 siswa sebagai kelas kontrol tanpa menggunakan
media tayangan Talk Show Kick Andy. Berdasarkan kerangka teoretis dan
kerangka konseptual dapat dirumuskan bahwa “Ada pengaruh media tayangan
Talk Show Kick Andy terhadap kemampuan menulis karangan narasi”.
Pelaksanaan penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu penelitian
yang dilakukan untuk melihat ada pengaruh hasil sebagai akibat adanya
perbedaan perlakuan yang diberikan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian
ini adalah essai yaitu tes kemampuan menulis karangan narasi. Setelah
menghitung dan mengolah data yang dilakukan pada kelas eksperimen diperoleh
hasil skor tertinggi sebanyak 20 orang dengan nilai 80–100 dan skor terendah 5
orang dengan nilai 60 dan rata-rata 77,14. Sedangkan pada kelas kontrol
diperoleh skor tertinggi sebanyak 4 orang dengan nilai 80–100 dan skor terendah
9 orang dengan nilai 50–59 dan rata-rata 64,71. Dari perolehan di atas, diproleh
thitung > ttabel (5,00 > 1,67). Dengan demikian Ha diterima. Maka dengan kata lain
adanya pengaruh media tayangan Talk Show Kick Andy terhadap kemampuan
menulis karangan narasi oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 42 Medan Tahun
Pembelajaran 2017-2018.