dc.description.abstract |
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa akuntansi kelas
X AK2 SMK BM Budisatrya Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing khususnya pada materi ayat
jurnal penyesuiaan terhadap hasil belajar siswa. Media pembelajaran Snowball
Throwing akuntansi pada kompetensi dasar melakukan pencatatan transaksi dalam
ayat jurnal umum siswa kelas X Ak2 SMK BM Budisatrya medan Tahun
Pelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 32 orang. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah total sampling
yaitu pengambilan sampel secara keseluruhan. Dengan demikian sampel
penelitian ini berjumlah 32 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes
hasil belajar dalam bentuk essay sebanyak 10 item. Dimana sebelumnya telah di
uji cobakan untuk mengetahui tingkat validitas tes dan reliabilitas tes. Teknik
analisis data dalam penelitiaan ini adalah uji t dua pihak.
Dari data tes hasil belajar menunjukkan nilai rata – rata pre tes 72,31 dengan
standar deviasi 8,21 dan nilai rata – rata post test 82,09 dengan standar deviasi
8,63. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus uji t dua pihak
pada taraf α=0,05. Dari data peritungan di peroleh thitung > ttabel (6,07 > 1,697)
dengan kata lain hipotesis Ha diterima.
Berdasarkan hipotesis diatas maka dapat diambil kesimpulan “Ada Pengaruh
Model Pembelajaran Snowball Throwimng terhadap Hasil Belajar Akuntansi
Siswa Kelas X AK2 SMK Bm BUdisatrya Medan Tahun Pembelajaran
2016/2017 |
en_US |