Research Repository

Pengaruh Metode Discovery Learning Berbantu Modul Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI SMK YPK Medan T.P 2017/2018”

Show simple item record

dc.contributor.author Warahamah, Mawardah
dc.date.accessioned 2020-11-16T04:15:41Z
dc.date.available 2020-11-16T04:15:41Z
dc.date.issued 2017-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11939
dc.description.abstract Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keaktifan siswa dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X SMK BM Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak di Kelas X SMK Akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak model active learning tipe satar with a question terhadap keaktifan siswa dan hasil belajar pada pokok bahasan buku besar siswa kelas X SMK BM Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian dilaksanakan di SMK BM Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak yang beralamat di Jalan Perintis Kemerdekaan No. 1 Simpang Beringin, Kampung Slemek Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara. Populasi yang digunakan adalah seluruh kelas X AK yang terdiri dari satu kelas yang berjumlah 42 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling sehingga ditetapkan sampel yang digunakan adalah seluruh kelas X AK yang berjumlah 42 orang sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, angket dan tes tertulis dimana angket berjumlah 20 soal dan tes berbentuk uraian berjumlah 2 soal. diuji validitas dan reliabilitasnya. Dari hasil analisis data angket sebelum perlakuan diperoleh mean 54,83, dan standart deviasi 6,61. Sedangkan angket setelah perlakuan di peroleh mean 59,88 dan standart deviasi 6,65. Penelitian menggunakan liliefors untuk mengetahui normalitas data skor angket dan menggunakan uji F untuk mengetahui homogenitas data. Pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 6,22 > 1,683, yang artinya Ha diterima dan Hod itolak. Pre-test diperoleh mean 48,09 dan standar deviasi 20,15. Sedangkan untuk data post-test mean 78,81 dan standar deviasi 17,41. Penelitian menggunakan uji liliefors untuk mengetahui normalitas data hasil belajar dan menggunakan uji F untuk mengetahui homogenitas data. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dua pihak dengan dk = N-1 pada α=0,05. Dari data perhitungan hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 19,93 >1,683, yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa ada dampak medel active learning tipe start with a question terhadap keaktifan siswa dan hasil belajar akuntansi kelas X SMK BM Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak Tahun Ajaran 2016/2017 en_US
dc.subject Metode Discovery learning Berbantu Modul Pembelajaran, Hasil Belajar Akuntansi en_US
dc.title Pengaruh Metode Discovery Learning Berbantu Modul Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI SMK YPK Medan T.P 2017/2018” en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account