Research Repository

Pengaruh Penggunaan Modul Spreadsheet Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Akuntansi Smk Bm Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak Tahun Pelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Syafrina, Zairi
dc.date.accessioned 2020-11-16T04:10:27Z
dc.date.available 2020-11-16T04:10:27Z
dc.date.issued 2017-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11932
dc.description.abstract Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas X SMK BM Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Modul spreadsheet terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi SMK BM Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMK BM Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan populasi yang digunakan seluruh kelas X yang terdiri dari satu kelas dengan jumlah siswa 42. Dimana penelitian ini dilakukan dengan menggunakan satu kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonprobability Sampling dengan jenis kelas yang terdiri dari satu kelas atau total sampling. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket dan tes, yang terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitasnya. Dari analisis datasebelumdiberiperlakuandansesudahperlakuandiperoleh mean sebelumperlakuan 57,12 danstandartdeviasi 10,70. Sedangkanuntuk data sesudahperlakuandiperoleh mean 72,90danstandartdeviasi 10,88. Sedangkandarianalisis data Pre-Tes dan Post Tes diperoleh mean Pre-Tes 60,12dan standart deviasi 15,63. Sedangkan untuk data Post-Test diperoleh mean 77,62 dan standart deviasi 17,91. Penelitian ini menggunakan uji liliefors untuk mengetahui normalitas data hasil belajar dan uji F untuk mengetahui homogenitas data. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dengan dk = n-1 pada α = 0.05. Dan data perhitungan hipotesisuntukmotivasibelajar diperoleh bahwa t hitung (25,95) > ttabel(1,683), yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Dan data perhitunganhipotesishasilbelajardiperolehbahwathitung (12,35)> ttabel(1,683). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan Penggunaan Modul Spreadsheet terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas X SMK BM Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak Tahun Pelajaran 2016/2017 en_US
dc.subject Motivasi Belajar en_US
dc.subject Modul Spreadsheet en_US
dc.title Pengaruh Penggunaan Modul Spreadsheet Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Akuntansi Smk Bm Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak Tahun Pelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account