dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil
belajar siswa Akuntansi kelas XI di SMK Tarbiyah Islamiyah, dan untuk
mengetahui bagaimana hasil belajar siswa setelah guru menerapkan model
pembelajaran berbasis modul (Problem Based Learning) pada materi pokok Jurnal
Khusus.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMK Tarbiyah
Islamiyah Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 38 siswa. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi.
Dari hasil penelitian dapat dilihat peningkatan hasil belajar siswa pada materi
pokok Jurnal Khusus. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siklus I yakni 73,68%
dengan jumlah siswa yang tuntas 28 orang, pada siklus II meningkat menjadi
94,74% dengan jumlah siswa yang tuntas 38 orang. Sedangkan siswa yang tidak
tuntas pada siklus I 26,32% dengan jumlah 10 orang, dan pada siklus II menjadi
5,26% dengan jumlah 2 orang.
Dari data ini, kita dapat melihat bahwa nilai siswa telah mengalami peningkatan
secara signifikan dan ketuntasan belajar siswa tercapai. |
en_US |