Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji pengaruh jumlah
anggota, ukuran (size) perusahaan, jumlah kewajiban, dan persepsi manajemen
terhadap permintaan jasa audit akuntan publik pada koperasi di Kota Medan.
Adapun pendekatan penelitian yang digunakan adalah asosiatif kausal, dengan
jumlah populasi sebanyak 1.191 koperasi dan pengambilan sampel menggunakan
teknik accidental sampling (objek yang kebetulan bertemu pada saat
pengumpulan data dan sesuai untuk diteliti maka dijadikan sampel penelitian).
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan data primer
yaitu berupa kuesioner dan data sekunder berupa laporan keuangan koperasi
periode 2016. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi logisitik
berganda karena variabel dependennya bersifat dikotomi dan diukur dengan
menggunkan skala dummy dibantu alat uji statisitk SPSS 16. Hasil dalam
penelitian ini menemukan bahwa variabel jumlah anggota, ukuran (size)
perusahaan, jumlah kewajiban, dan persepsi manajemen tidak berpengaruh
signifikan terhadap permintaan jasa audit akuntan publik.