dc.description.abstract |
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa
akuntansi kelas X Ak SMK YASPI Labuhan Deli Medan. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Question Student Have
Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK YASPI Labuhan Deli
Medan Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK YASPI Labuhan Deli Medan yang
beralamat di Jl. Kom. Laut Yos Sudarso Km.16,8 Medan. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi SMK YASPI Labuhan Deli
Medan yang berjumlah 98 orang siswa, sedangkan sampel yang digunakan adalah
siswa kelas X.1 Akuntansi SMK YASPI Labuhan Deli Medan yang berjumlah 48
orang siswa (Porposive Sampling). Instrumen penelitian dengan menggunakan
tes tertulis berbentuk uraian. Tes sebanyak 20 soal yang dibagi kedalam dua
bagian yaitu 10 soal pada pre-test dan 10 soal pada post test yang terlebih dahulu
di uji validitas dan reliabilitasnya.
Dari hasil analisis data pre-test di peroleh rata-rata 64,27 dengan standar
deviasi 11,56. Sedangkan data post-test diperoleh rata-rata 80,87 dengan standar
deviasi 9,84. Penelitian ini menggunakan uji Liliefors untuk mengetahui
normalitas data hasil belajar dan uji F untuk mengetahui Homogenitas data.
Pengujian Hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dua pihak dengan dk =
N-1 pada α = 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh
thitung>ttabel dengan hasil 7,732 > 1,678 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh Model
Pembelajaran Question Student Have Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa
Kelas X SMK YASPI Labuhan Deli Medan Tahun Pelajaran 2016/2017” |
en_US |