dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh
pengaruh model Make A Match berbantuan Media Kartu Indeks terhadap hasil
belajar Akuntansi pada siswa kelas X SMK-BM Swasta Budisatrya Medan Tahun
Pembelajaran 2016/2017
.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan jenis desain
posttest-only control group design. Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas X AK di SMK Swasta Budisatrya Medan T.P 2016/2017 yang
terdiri dari 2 kelas (71 siswa). Sampel penelitian ini ada 2 kelas yaitu kelas X AK2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X AK 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen
yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar
dalam bentuk essay sebanyak 30 soal yang terlebih dahulu diuji cobakan.
Untuk kelas eksperimen yang diberikan dengan model pembelajaran Make
A Match diperoleh nilai rata-rata post-tes sebesar 86,72 dan standar deviasinya
7,47 sedangkan untuk kelas kontrol yang diberikan pembelajaran konvensional
diperoleh nilai rata post-tes sebesar 82,44 dan standar deviasinya 6,67. kedua
sampel penelitian ini berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen.
Untuk menguji hipotesis digunakan uji t, dimana t hitung = 10,7 sedangkan t tabel =
1,994 pada taraf nyata 0,05 dk =(39 + 32 – 2 ) = 69 karena t hitung > t tabel maka
diperoleh adanya pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran Make A
Match dengan berbantuan Kartu Indeks terhadap hasil belajar siswa pada
Kompetensi Dasar menyiapkan jurnal dikelas X AK SMK Swasta Budisatrya
Medan T.P. 2016/2017 |
en_US |