dc.contributor.author |
Niningsih |
|
dc.date.accessioned |
2020-11-16T03:26:04Z |
|
dc.date.available |
2020-11-16T03:26:04Z |
|
dc.date.issued |
2017-03-20 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11865 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Akuntansi
setelah diterapkan model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)dengan
menggunakan pendekatanScientificpada siswa kelas X Ak tahun pelajaran
2016/2017 di SMK Swasta Harapan Stabat. Jenis penelitian ini adalah PTK yang
dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan,
tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas
X Ak di SMK Swasta Harapan Stabat, yang berjumlah 39 orang. Objek penelitian
ini adalah peningkatan hasil belajar Akuntansi. Pengumpulan data dilakukan
dengan metode tes. Data dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil
penelitian menunjukkan terjadi peningkatan persentase hasil belajar Akuntansi
pada siswa kelas X Ak di SMK Swasta Harapan Stabat. Berdasarkan hasil tes,
pada siklus I rata-rata persentase hasil belajar tuntas Akuntansi siswa sebesar 50%
(kriteria rendah). Pada siklus II rata-rata persentase hasil belajar Akuntansi siswa
mengalami peningkatan menjadi 80.56% (kriteria tinggi). Berdasarkan hasil
penelitian tersebut dapat disimpulkan penerapan model Pembelajaran Problem
Based Learning (PBL) denganmenggunakan
pendekatanScientificuntukmeningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas X
SMK Swasta Harapan Stabat tahun pelajaran 2016/2017. |
en_US |
dc.subject |
Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) |
en_US |
dc.title |
Penerapan Model PembelajaranProblem Based Learning(PBL) Dengan Menggunakan Pendekatan ScientificUntuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK Swasta Harapan Stabat Tahun Pembelajaran 2016/2017 |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |