dc.description.abstract |
Kepercayaan diri adalah seseorang yang meyakini atau percaya pada kemampuan serta potensi yang ada pada dirinya. Konseling individu adalah suatu layanan yang dilakukan oleh konselor dan klien secara face to face bertatap muka, untuk membantu menyelesaikan masalah pribadi individu (Klien), karir, belajar, serta sosial dengan cara mencari jalan agar teratasinya masalah klien. Tujuan penelitian ini adalah untuk diperolehnya peningkatan kepercayaan diri siswa melalui layanan konseling individu dengan menggunakan metode pendekatan REBT untuk siswa kelas X SMK BM Budisatrya Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah PTK Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Hasil penelitian menujukan bahwa, kondisi awal tingkat kepercayaan diri siswa kelas X tergolong rendah dalam Pre-test dengan skor rata-rata kepercayaan diri siswa 53-59% dalam Siklus I dan di kategorikan Cukup baik (Sedang). Peningkatan kepercayaan diri dibuktikan dari hasil pemberian Layanan Konseling Individu dengan pendekatan REBT dalam Siklus II dan post-test atau pemberian angket kedua peningkatan kepercayaan diri saat dilakukannya post-test sebesar 79-81% (Sangat baik). Dari hasil per-test Siklus I serta post-test Siklus II dan pemberian Layanan Konseling Individu dengan pendekatan REBT menunjukan bahwa metode penelitian ini sangat efektif dan berpengaruh sekali dalam peningkatan kepercayaan diri siswa di SMK BM Budisatrya. |
en_US |