Abstract:
Pajak Reklame merupakan salah satu penerimaan pajak daerah. Adapun fokus
masalah dalam penelitian ini adalah penyebab tingkat efektifitas penerimaan pajak
reklame yang belum mencapai target dari tahun 2012 sampai dengan 2016 dan
penyebab menurunnya kontribusi penerimaan pajak reklame dari tahun 2012 sampai
dengan tahun 2016. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab
tingkat efektifitas penerimaan pajak reklame Kota Binjai selama tahun 2012-2016
yang belum mencapai target dan untuk mengetahui penyebab mengapa kontribusi
penerimaan pajak reklame dari tahun 2012-2016 mengalami penurunan setiap
tahunnya.
Sumber data diperoleh dan dikumpulkan dari Badan Pengelolaan Keuangan
Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Kota Binjai. Pendekatan penelitian
menggunakan pendekatan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah
dengan teknik data dokumentasi dan wawancara. Penelitian menggunakan metode
deskriptif dalam melakukan analisis data.
Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis efektivitas dan kontribusi
penerimaan pajak reklame dapat disimpulkan bahwa penerimaan pajak reklame dari
tahun 2012-2016 masih belum efektif. Kontribusi penerimaan pajak reklame dalam
meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) cenderung mengalami penurunan
pada setiap tahunnya. Hal tersebut disebabkan karena tidak adanya konfirmasi dari
pihak advertising mengenai lanjut atau tidaknya pemasangan reklame serta hambatanhambatan intern lainnya seperti kurang tegasnya sanksi yang diberikan kepada wajib
pajak.