Abstract:
Penulisan skripsi ini dibuat melalui penelitian yang dilakukan di Badan Pengelola
Pajak & Retribusi Daerah Kota Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui dan menganalisa bagaimana pengawasan pajak reklame yang
dilakukan Badan Pengelola Pajak & Retribusi Daerah Kota Medan dan Untuk
mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan belum tercapainya realisasi pajak
reklame sesuai dengan target yang ditentukan.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan deskriptif yaitu,
pendekatan yang dilakukakan dengan mengumpulkan data, mengklasifikasi data,
menganalisis data sehingga memberikan suatu gambaran yang sebenarnya
mengenai keadaan perusahaan dan, menarik kesimpulan dan membandingkan
masalah dengan teori-teori untuk mendukung masalah. Data yang diterima dari
Badan Pengelola Pajak & Retribusi Daerah Kota Medan merupakan data pajak
reklame dari tahun 2012-2015.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu belum efektifnya fungsi anggaran sebagai
alat pengawasan penerimaan pajak reklame di Badan Pengelola Pajak & Retribusi
Daerah Kota Medan, ini dapat dibuktikan dengan membandingkan antara
anggaran dengan realisasi pajak reklame yang mana dilihat pada tahun 2012-2015
realisasi pajak reklame selalu mengalami penurunan. Kepatuhan wajib pajak
merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi penerimaan pajak reklame.
Untuk meningkatkan pengawasan pajak reklame agar dapat efektif dalam
pencapaian target pajak reklame, pihak Badan Pengelola Pajak & Reklame Daerah
Kota Medan dapat mengambil tindakan konkrit terhadap penyimpangan yang
terjadi serta melakukan sosialisasi kepada wajib pajak tentang Peraturan Daerah
Kota Medan Nomor 11 tahun 2011 tentang pajak reklame.