dc.description.abstract |
Dosen adalah seseorang yang memiliki kompetensi serta memiliki kemampuan
dan keunggulan berdasarkan pendidikan dan keahliannya yang diangkat oleh
penyelenggara perguruan tinggi dengan tugas utama yaitu mengajar. Keberhasilan
pencapaian tujuan pendidikan merupakan wujud pelaksanaan kinerja dosen.
Kinerja dosen merupakan hal utama yang harus diperhatikan dalam segala proses
internalisasi nilai di perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan
menganalisis apakah terdapat pengaruh budaya organisasi, kompetensi dosen dan
kepemimpinan ketua program studi terhadap kinerja dosen Pascasarajana
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU). Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh dosen sebanyak 64 orang di program studi Pascasarjana
Universitas Muhammadiayah Sumatera Utara (UMSU). Sedangkan sampel dalam
penelitian ini adalah keseluruhan dari populasi tersebut yakni 64 orang dosen
Universitas Muhammadiayah Sumatera Utara (UMSU). Alat pengumpul data
yang digunakan yaitu angket yang diukur dengan skala likert. Hasil penelitian ini
menyimpulkan bahwa adanya pengaruh Budaya Organisasi, Kompetensi Dosen
dan Kepemimpinan Ketua Program Studi terhadap kinerja Dosen Pascasarjana
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) hal ini dapat dilihat dari
nilai R square yaitu sebesar Besarnya nilai pengaruh tersebut ditunjukkan oleh
nilai koefisien R square sebesar = 0,941, sehingga nilai koefisien determinasi (D)
sebesar D =0,941 x 100%; D =94,1%. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa
variable independen budaya organisasi, kopetensi dosen dan kepemimpinan
ka.prodi memiliki pengaruh terhadap variable dependen kinerja dosen sebesar
94,1%, sisanya 5,9% dipengaruhi oleh faktor lain diluar pada penelitian ini.
Persamaan garis regresi yang positif ini mengindikasikan bahwa jika Budaya
Organisasi, Kompetensi Dosen dan Kepemimpinan Ketua Program Studi semakin
meningkat maka kinerja dosen pascasarjana akan meningkat juga |
en_US |