dc.description.abstract |
Keputusan pembelian adalah tahap di mana pembeli telah menentukan
pilihannya dan melakukan pembelian produk, serta mengkonsumsinya.Banyak
faktor yang mempengrauhi keputusan pembelian diantranya personal seling dan
harga Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh personal selling dan
harga terhadap keputusan pembelian pupuk pada PT. Sanlex Malindo.
Populasi dalam penelitian ini adalah 40 orang konsumen yang
menggunakan Pupuk Pada PT. Sanlex Malindo. Teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara dan angket (koesioner) dengan di uji validitas dan
reliabilitas. Teknik analisi data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, regresi
linier berganda, uji t, uji f dan koefisien determinasi.
Hasil regresi linier berganda Y = 18.522 + 1,033 X1 – 0,394 X2. Nilai uji t
personal selling diperoleh t 8,125 > t 1,686 menunjukkan adanya
pengaruh personal selling terhadap keputusan pembelian. Kemudian variabel
harga diperoleh nilai t -2,151 > t 1,686 menunjukkan bahwa harga
berpengaruh negatif terhadap keputusan pembelian. Uji F diperoleh nilai f
34,545 > f 3,252 bahwa personal selling dan harga secara simultan
berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian pupuk pada PT.
Sanlex Malindo. Nilai koefisien determinasi diperoleh 0.651 atau 65,1%
menunjukkan 65,1% variabel keputusan pembelian dipengaruhi oleh personal
selling dan harga, dan sisanya 32,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak
diteliti. |
en_US |