Abstract:
Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan
melalui Media MONOSA (Monopoli Bahasa) terhadap Kemampuan Menemukan
Makna Kata dalam Kamus oleh Siswa Kelas VII SMP Swasta Al-Manar Tahun
Pembelajaran 2017-2018.Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta Al-Manar.
Jumlah populasi ini adalah 25 siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini
berjumlah 25 siswa. Penelitian ini menggunakan model eksperimen only one
group pre-test post-test. Kelas VII terpilih sebagai kelas eksperimen yaitu kelas
yang menerima pre-test dan post-test atau sesudah dan sebelum menggunakan
media monosa (monopoli bahasa).Metode penelitian ini bersifat eksperimen yaitu
penelitian yang dilakukan untuk melihat apakah ada perbedaan hasil sebagai
sebab adanya perlakuan yang diberikan pada eksperimen. Instrumen penelitian
yang digunakan yaitu tes esai dengan only one group pre-test post-test .
Berdasarkan teknik analisis data, dapat diketahui bahwa kemampuan menemukan
makna kata dalam kamus sebelum menggunakan media monosa (monopoli
bahasa) memperoleh nilai rata-rata 70,04 termasuk dalam kategori cukup.
Sedangkan kemampuan menemukan makna kata dalam kamus sesudah
menggunakan media monosa (monopoli bahasa) memperoleh nilai rata-rata 76,12
termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh uji “t”,
thitung diketahui = 16,8. Selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf
signifikansi 5% dengan df = N-1= 24, maka diperoleh taraf signifikansi 5% = 2,00
dan 1% = 2,65, maka hipotesis nihil (nol) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha)
diterima. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas
penggunaaan media monosa (Monopoli Bahasa) dalam meningkatkan
kemampuan menemukan makna kata dalam kamus oleh siswa kelas VII SMP
Swasta Al-Manar Tahun Pembelajaran 2017/2018.