dc.description.abstract |
Kepuasan pelanggan merupakan hal yang sangat diinginkan setiap
pelanggan atas pemakaian atau pembelian suatu produk. Memberikan kepuasan
pelanggan dapat dilakukan dengan cara pemenuhan segala harapannya atas
produk perusahaan. Untuk itu setiap perusahaan berupaya untuk meningkatkan
kepuasan pelanggannya dengan jalan penyediaan fasilitas yang memadai dengan
kualitas pelayanan yang baik.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah fasilitas dan
kualitas pelayanan baik secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan
pelanggan pada Ahaas Honda Motor PT. Supra jaya Abadi?. Dalam penelitian
digunakan teknik pengumpulan data yaitu penyebaran angket (questioner),
sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu Analisis Regresi Berganda.
Berdasarkan perhitungan koefisien korelasi diketahui bahwa ada pengaruh
fasilitas secara parsial terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Supra Jaya Abadi
Medan, hal ini dapat dilihat berdasarkan pengujian hipotesis uji t yang diperoleh
thitung > ttabel (2,184 > 1,980) maka maka variabel fasilitas memiliki pengaruh
yang nyata (signifikan) dengan variabel kepuasan pelanggan. Selain itu ada
pengaruh kualitas pelayanan secara parsial terhadap kepuasan pelanggan pada PT.
Supra Jaya Abadi Medan, hal ini dapat dilihat berdasarkan pengujian hipotesis uji
t yang diperoleh thitung > ttabel (12,989 > 1,980) maka variabel kualitas pelayanan
memiliki pengaruh nyata (signifikan) dengan variabel kepuasan pelanggan.
Selanjutnya ada pengaruh fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan
pelanggan pada PT. Supra Jaya Abadi Medan, hal ini dapat dilihat berdasarkan
pengujian hipotesis uji F yang diperoleh Fhitung > Ftabel (153,166 > 5,84) maka
variabel fasilitas dan kualitas pelayanan secara simultan memiliki pengaruh
yang nyata (signifikan) atau berpengaruh positif dengan variabel kepuasan
pelanggan. |
en_US |