dc.description.abstract |
Penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Relationship Marketing
dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT.Taspen (Persero)
Kantor Cabang Utama Medan.
Relationship Marketing adalah upaya perusahaan untuk menjalin
hubungan jangka panjang dengan konsumen agar tercipta suatu hubungan yang
baik antar konsumen dan perusahaan. Relationship Marketing membangun suatu
hubungan dan ikatan jangka panjang antara produsen dan konsumen. Hubungan
ini merupakan hubungan yang langgeng dan di tuntut untuk saling mempercayai
dan ada ketergantungan sehingga tercipta suatu hubungan yang saling
menguntungkan Pendekatan penelitian yang dilakukan penulis adalah asosiatif .
Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah PT. Taspen (Persero) Kantor Cabang
Utama Medan. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah teknik
accidental sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 75 nasabah. Penulis
mengumpulkan data dengan cara daftar pertanyaan (quesioner) . dalam
menganalisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan rumus regresi linier
berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi.
Hasil analisa dengan alat bantu statistic dengan program SPSS Ver. 21.
Diperoleh hasil persamaan regresi linier berganda penelitian adalah Y= 21.472 +
0,171 X1+ (- 0,067 X2). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil
variabel X1 terhadap Y adalah thitung > ttabel yaitu (2.221 > 1,993) Maka Ho
ditolak dan Hα diterima , sehingga ada pengaruh signifikan antara relationship
marketing terhadap Loyalitas nasabah. Sedangkan secara bersama-sama
(simultan) pengaruh variabel X1 dan X2 terhadap variabel Y adalah (Fhitung2,887
> Ftabel 2,73) . pengaruh keduanya cukup kuat dengan nilai korelasi R=0,074,
positif dan signifikan karena jika ada peerbaikan pada relationship marketing dan
kualitas pelayanan otomatis akan lebih meningkatkan loyalitas nasabah sehingga
ada hubungan dengan loyalitas nasabah. Pengaruh relationship marketing dan
kualitas pelayanan sebesar 0,74 (7,4%) sedangkan sisanya dipengaruhi oleh
variabel lain yang diteliti. |
en_US |