dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran sebelum dan sesudah, perbedaan serta peningkatan terhadap komunikasi interpersonal siswa melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 01 Medan. Secara umum penelitian ini ditujukan untuk siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 01 Medan, sedangkan untuk menentukan sample dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling purposiveyakni 10 orang siswa masing-masing dari kelas VIII terpadu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen yaitu pendekatan One Group Pretest-Posttest.Jenis pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket yang diberikan langsung kepada siswa yang mengalami tingkat komunikasi interpersonal yang rendah.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa yang mengalami tingkat komunikasi interpersonal yang rendah ditinjau dari kurangnya dia bersosialisasi dengan teman maupun gurunya, jarang bertanya di kelas, suka berkelahi dengan teman atau adik kelas serta siswa yang suka menyendiri di kelas.Hasil uji T thitung> ttabel (12,655 > 2,262) atau Sig.000<0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan komunikasi interpersonal siswa sebelum dan sesudah diterapkannya layanan bimbingan kelompok. |
en_US |