dc.description.abstract |
Tingkat persaingan dunia perdagangan di Indonesia sangat ketat, karena
setiap perusahaan senantiasa berusaha untuk dapat meningkatkan pangsa pasar
dan meraih konsumen baru. Pada dasarnya dengan semakin banyaknya pesaing
maka semakin banyak pula pilihan bagi pelanggan untuk dapat memilih produk
yang sesuai dengan apa yang menjadi harapannya. Sehingga konsekuensi dari
perubahan tersebut adalah pelanggan menjadi lebih cermat dan pintar dalam
menghadapi setiap produk yang diluncurkan dipasar. Syarat yang harus dipenuhi
oleh suatu perusahaan agar dapat mencapai sukses dalam persaingan adalah
berusaha mencapai tujuan untuk menciptakan dan mempertahankan pelanggan.
Faktor internal dan eksternal merupakan pendorong yang mengharuskan
setiap perusahaan untuk bisa mengadaptasi dan beradaptasi terhadap setiap
perubahan agar dapat tetap eksis, sehingga perubahan yang terjadi tidak
merupakan rintangan atau ancaman, tetapi dapat menjadi peluang untuk
mengembangkan usaha dan memperoleh keuntungan yang besar
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menganalisis pengaruh gaya hidup
dan citra merek terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa fakultas ekonomi
UMSU, populasi adalah seluruh mahasiswa fakultas ekonomi UMSU dengan
teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling sebanyak 100 orang, , dan
teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Secara parsial, masing-masing variabel Gaya hidup
berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian produk Iphone pada mahasiswa
UMSU dan Citra Merek tidak berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian produk
Iphone pada mahasiswa UMSU. Secara simultan, variabel Gaya hidup dan Citra
Merek berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Pembelian produk Iphone
pada mahasiswa UMSU. Gaya hidup dan Citra Merek secara bersama-sama
mempunyai berpengaruh sebesar 74,2% terhadap Keputusan Pembelian,
sedangkan sisanya 25,8% Keputusan Pembelian dipengaruhi oleh variabelvariabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini |
en_US |