dc.description.abstract |
Pelayanan jasa yang diberikan oleh perusahaan sangat berpengaruh terhadap
tingkat kepuasan seorang nasabah atau pemakai jasa tersebut. Semakin baik
pelayanan yang diberikan oleh perusahaan maka kecenderungan semakin
bertambahnya calon nasabah.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui Pengaruh Persepsi dan Kualitas
pelayanan terhadap Kepuasan nasabah baik secara parsial maupun simultan.
Adapun populasi dari penelitian ini adalah para nasabah yang menggunakan
pelayanan jasa PT.Taspen (Persero) KCU Medan, sedangkan sampel penelitian
sebanyak 75 responden. Dengan menggunakan quota sampling dengan teknik
incendental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang diuji
validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik,
regresi berganda, uji F, uji t, dan koefisien determinasi.
Dan dari hasil penilitian Uji t (parsial), dapat diketahui bahwa hanya variabel
Persepsi (X1) yang memiliki pengaruh dan signifikan terhadap variabel Kepuasan
Nasabah pada PT.Taspen (Persero) KCU Medan. Sedangkan variabel Kualitas
Pelayanan tidak memiliki pengaruh dan tidak signifikan terhadap variabel
Kepuasan Nasabah pada PT.Taspen (Persero) KCU Medan. Namun dari hasil
pengujian Uji f (simultan) dapat diketahui variabel Persepsi (X1) dan Kualitas
Pelayanan ( X2) memiliki pengaruh dan signifikan secara bersama-sama terhadap
variabel Kepuasan Nasabah pada PT.Taspen (Persero) KCU Medan |
en_US |