Research Repository

Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Kelas VIII

Show simple item record

dc.contributor.author Sari, Mayang
dc.date.accessioned 2020-11-14T04:27:39Z
dc.date.available 2020-11-14T04:27:39Z
dc.date.issued 2019-10-10
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11434
dc.description.abstract Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan keefektifan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis discovery learning (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang pada pembelajaran LKPD berbasis discovery learning yang dikembangkan (3) menemukan lembar kerja peserta didik (LKPD) yang efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Jenis penelitian yang ini adalah penelitian pengembangan yang menagcu pada model Tiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I. Semmel yaitu model 4-D (define, design, development dan disseminate). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 pada Uji Coba I dan siswa kelas VIII-2 pada Uji Coba II SMP Al-Azhar Medan. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian LKPD untuk megukur kevalidan dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa: kualitas keavlidan lembar kerja peserta didik (LKPD) memenuhi kriteria valid berdasarkan skor rata-rata yaitu 3,6 dari skor maksimal 4.00 dengan kriteria baik. Lembar kerja peserta didik (LKPD) yang dikembangkan telah memenuhi kriteria keefektifan dengan:1) ketercapaianya indikator/ketuntasan tujuan pembelajaran telah tercapai untuk setiap indicator pada uji coba II, 2) kualitas kepraktisan lembar kerja peserta didik (LKPD) memenuhi kriteria praktis berdasarkan skor rata-rata angket respon peserta didik 3,30 pada uji coba I dan skor 3,3 pada uji coba II dari skor maksimal 4.00. Pada kemampuan berpikir kreatif matematis siswa mengalami peningkatan dari uji coba I ke uji coba II yaitu nilai rata-rata pada uji coba 69% meningkat sebesar 11% menjadi 80%, 71% meningkat sebesar 7% menjadi 78%, 71% meningkat sebesar 10% menjadi 81% dan 68% meningkat sebesar 18% menjadi 86%. en_US
dc.subject Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) en_US
dc.subject Discovery Learning en_US
dc.subject Kemampuan Berpikir Kreatif en_US
dc.title Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Kelas VIII en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account