Abstract:
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan keefektifan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis discovery learning (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang pada pembelajaran LKPD berbasis discovery learning yang dikembangkan (3) menemukan lembar kerja peserta didik (LKPD) yang efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Jenis penelitian yang ini adalah penelitian pengembangan yang menagcu pada model Tiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I. Semmel yaitu model 4-D (define, design, development dan disseminate). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 pada Uji Coba I dan siswa kelas VIII-2 pada Uji Coba II SMP Al-Azhar Medan. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian LKPD untuk megukur kevalidan dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa: kualitas keavlidan lembar kerja peserta didik (LKPD) memenuhi kriteria valid berdasarkan skor rata-rata yaitu 3,6 dari skor maksimal 4.00 dengan kriteria baik. Lembar kerja peserta didik (LKPD) yang dikembangkan telah memenuhi kriteria keefektifan dengan:1) ketercapaianya indikator/ketuntasan tujuan pembelajaran telah tercapai untuk setiap indicator pada uji coba II, 2) kualitas kepraktisan lembar kerja peserta didik (LKPD) memenuhi kriteria praktis berdasarkan skor rata-rata angket respon peserta didik 3,30 pada uji coba I dan skor 3,3 pada uji coba II dari skor maksimal 4.00. Pada kemampuan berpikir kreatif matematis siswa mengalami peningkatan dari uji coba I ke uji coba II yaitu nilai rata-rata pada uji coba 69% meningkat sebesar 11% menjadi 80%, 71% meningkat sebesar 7% menjadi 78%, 71% meningkat sebesar 10% menjadi 81% dan 68% meningkat sebesar 18% menjadi 86%.