dc.description.abstract |
Kepuasan nasabah sebagai konsumen dalam menggunakan jasa program
pensiun Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilatarbelakangi untuk meningkatkan
kesejahtraan pegawai negeri dan keluarganya yang dirintis bagi pegawai negeri
dan keluarganya pada saat mengakhiri pengabdiannya kepada negara. Maka dari
itu sebagai bentuk penghargaan kepada PNS yang telah mengabdikan dirinya
kepada pemerintah selama bertahun-tahun, maka sudah sepantasnya apabila PNS
diberikan layanan yang baik dan prima.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan
terhadap Kepuasan Nasabah pada PT. Taspen (Persero) Kantor Cabang Utama
Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah pada PT. Taspen
(Persero) KCU Medan dengan sampel sebanyak 75 orang nasabah menggunakan
Sampling Kuota. Teknik pengumpulan data ini dengan menggunakan penyebaran
angket (Quesioner) yang diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data
menggunakan regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji t uji f dan koefisien
determinasi.
Dari hasil penelitian ini diperoleh nilai thitung 1,575 < ttabel 1,993 dengan
probabilitas sig 0,120 > 0,05 dikarenakan nilainya lebih besar dari (0,05) maka
dasar ketentuan uji secara parsial kualitas Pelayanan (X1) tidak mempunyai
pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan Nasabah (Y). Dengan demikian H0
diterima dan Ha ditolak.
Kesimpulannya tidak ada pengaruh signifikan kualitas pelayanan terhadap
Kepuasan Nasabah pada uji t (parsial), hal ini disebabkan karena kurangnya
pelayanan yang diberikan terhadap nasabah tersebut, dan berdasarkan hasil uji F
(simultan) menunjukkan bahwa terbukti ada pengaruh dan signifikan terhadap
loyalitas nasabah |
en_US |