Research Repository

Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Discovery Learning di SMP Laksamana Martadinata Medan T.P 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.author Agustina, Maya
dc.date.accessioned 2020-11-14T04:11:53Z
dc.date.available 2020-11-14T04:11:53Z
dc.date.issued 2019-10-04
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11418
dc.description.abstract Kemampuan penalaran atau berpikir logis merupakan aspek yang sangat penting dalam prinsip pembelajaran matematika. Tuntutan kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika tidak hanya sekedar memiliki kemampuan berhitung saja, akan tetapi kemampuan bernalar yang logis, kritis dan kemampuan matematis dalam pemecahan masalah. Seperti halnya penalaran merupakan salah satu kemampuan dasar dalam literasi matematika, maka untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika sangat diperlukan penalaran matematika yang baik. Kemampuan literasi dilihat dari hasil tes yang dilakukan oleh Programme for International Student Assessment (PISA). Sehingga perlu adanya peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa agar dapat menyelesaikan soal PISA. Maka penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal PISA dengan bantuan model pembelajaran discovery learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes dan observasi untuk melihat peningkatan kemampuan penalaran siswa. Pada pelaksanaan siklus I diberikan tes awal dengan nilai rata-rata 64,8 dengan persentase 24%(6 siswa) dalam kategori kemampuan penalaran baik,dan hasil observasi kemampuan penalaran berdasarkan indikator soal PISA hasil rata-rata skor adalah 2,41 dengan kategori cukup. Sedangkan pada pelaksanaan siklus II diberikan tes akhir dengan hasil nilai rata-rata 75,2 dengan persentase 80%(16 siswa) dalam kategori kemampuan penalaran baik, dan hasil observasi kemampuan penalaran berdasarkan indikator soal PISA hasil rata-rata skor adalah 3,24 dengan kategori baik. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa. en_US
dc.subject Kemampuan Penalaran en_US
dc.subject Soal PISA en_US
dc.title Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Discovery Learning di SMP Laksamana Martadinata Medan T.P 2019/2020 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account