dc.description.abstract |
Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dengan menggunakan
bimbingan kelompok dengan teknik role playing. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui upaya meningkatkan komunikasi interpersonal siswa
menggunakan bimbingan kelompok dengan teknik role playing siswa kelas VIII
SMP Muhammadiyah 7 Medan.
Subjek penelitian ini adalah kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Medan
yang berjumlah 30 orang siswa. Adapun teknik pengambilan sampel data yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu sebesar 8 orang yang diambil berdasarkan
skor total dari pengisian instrumen angket yang mengandung karakteristik
komunikasi interpersonal siswa yang di sebar pada siswa kelas yang di anggap
mengalami komunikasi interpersonal yang cenderung tinggi ada 3 orang, rendah
ada 3 orang, dan sangat rendah 2 orang. Hasil penentuan sampel ini dilakukan
oleh peneliti bersama-sama guru BK disekolah SMP Muhammadiyah 7 Medan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum dilaksanakannya
bimbingan kelompok dengan teknik role playing (pretest) keadaan komunikasi
interpersonal siswa cenderung rendah dengan rata-rata 78,38 dan setelah diberikan
bimbingan kelompok dengan teknik role playing (posttest) perkembangan
komunikasi interpersonal siswa mengalami peningkatan cenderung sangat tinggi
dengan rata-rata 115,25.
Dari hasil uji hipotesis diperoleh terdapat perbedaan yang positif dan
signifikan tentang komunikasi interpersonal siswa sebelum dan sesudah diberikan
perlakuan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing, dengan
segnifikan sebesar 0,012. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan
bimbingan kelompok dengan teknik role playing berhasil untuk meningkatkan
komunikasi interpersonal siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Medan. |
en_US |