Research Repository

Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas Viii Smp Muhammadiyah 7 Medan Tahun Ajaran 2018/2019

Show simple item record

dc.contributor.author Khalila, Indi Rizka
dc.date.accessioned 2020-03-01T08:38:18Z
dc.date.available 2020-03-01T08:38:18Z
dc.date.issued 2019-09-27
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1139
dc.description.abstract Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dengan menggunakan bimbingan kelompok dengan teknik role playing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya meningkatkan komunikasi interpersonal siswa menggunakan bimbingan kelompok dengan teknik role playing siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Medan. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Medan yang berjumlah 30 orang siswa. Adapun teknik pengambilan sampel data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebesar 8 orang yang diambil berdasarkan skor total dari pengisian instrumen angket yang mengandung karakteristik komunikasi interpersonal siswa yang di sebar pada siswa kelas yang di anggap mengalami komunikasi interpersonal yang cenderung tinggi ada 3 orang, rendah ada 3 orang, dan sangat rendah 2 orang. Hasil penentuan sampel ini dilakukan oleh peneliti bersama-sama guru BK disekolah SMP Muhammadiyah 7 Medan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum dilaksanakannya bimbingan kelompok dengan teknik role playing (pretest) keadaan komunikasi interpersonal siswa cenderung rendah dengan rata-rata 78,38 dan setelah diberikan bimbingan kelompok dengan teknik role playing (posttest) perkembangan komunikasi interpersonal siswa mengalami peningkatan cenderung sangat tinggi dengan rata-rata 115,25. Dari hasil uji hipotesis diperoleh terdapat perbedaan yang positif dan signifikan tentang komunikasi interpersonal siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing, dengan segnifikan sebesar 0,012. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik role playing berhasil untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Medan. en_US
dc.subject Bimbingan Kelompok en_US
dc.subject Teknik Role Playing en_US
dc.subject Komunikasi Interpersonal en_US
dc.title Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas Viii Smp Muhammadiyah 7 Medan Tahun Ajaran 2018/2019 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account