dc.description.abstract |
Gaya kepemimpinan yang baik adalah gaya kepemimpinan yang mampu
memberikan motivasi kerja pada bawahannya dalam mencapai kinerja yang baik. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui gaya kepemimpinan manajerial grid yang diterapkan
pimpinan pada PT. Bank Sumut Medan dan untuk mengetahui upaya pimpinan dalam
menghadapi kendala yang dialami pegawainya dalam pencapaian target kerja melalui gaya
kepemimpinan manajerial grid.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai pada kantor PT. Bank Sumut
Medan yang berjumlah 48 orang khususnya pada bagian Divisi Kredit dan Divisi Ritel.
Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan metode total sampling (sampel jenuh)
yaitu seluruh populasi dijadikan sebagai sampel dalam penelitian. Teknik analisis data
menggunakan deskriptif mean dan dikonversi kedalam manajerial grid, kemudian
dinyatakan dalam gambar grid yang mengacu pada teori Robert R. Blake dan Jane S.
Monton.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan manajerial grid pada
dimensi tugas pada PT. Bank Sumut dengan perolehan nilai uji 4,38333, sedangkan untuk
dimensi hubungan dengan nilai 4,35625. Nilai tersebut berada pada grid 5.5 yaitu
pemimpin dengan kategori pertengahan (middle of the road style), ditandai oleh perhatian
yang seimbang terhadap tugas dan manusia (pegawainya). Upaya yang dilakukan pimpinan
dalam pencapaian target kerja pada PT. Bank Sumut meliputi tiga hal yaitu pertama
melakukan komunikasi yang efektif, kedua melakukan kegiatan evaluasi kerja, hal tersebut
bertujuan untuk mereview dan mengevaluasi progres kerja pegawai yang dilakukan
dilapangan, dan upaya ketiga meliputi pemberian motivasi positif kepada pegawainya,
sehingga tercipta lingkungan kerja yang aktif dan harmonis, dengan demikian para
pegawai lebih tergerak hatinya atau terdorong dalam melaksanakan tugas dan fungsinya
pada pencapaian kerja sesuai dengan target yang telah ditentukan. |
en_US |