dc.description.abstract |
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk Untuk mengetahui pengaruh
promosi terhadap keputusan memilih jasa Go-Jek di Kota Medan. Untuk
mengetahui pengaruh harga terhadap keputusan memilih jasa Go-Jek di Kota
Medan. Untuk mengetahui pengaruh promosi dan harga terhadap keputusan
memilih jasa Go-Jek di Kota Medan.
Adapun yang menjadi populasi penelitian ini adalah seluruh pengguna jasa
transfortasi Go-Jek (Go-ride) di Kota Medan yang jumlahnya tidak terdata, hal ini
dikarenakan tidak dapat dipastikan berapa jumlah konsumen yang menggunakan
jasa Go-Jek pada saat penulis melakukan penelitian. Teknik penentuan sampel
penelitian ini adalah menggunakan non probability sampling yakni pengambilan
sampel dimana tidak semua anggota/elemen populasi berpeluang sama untuk
dijadikan sampel. Jumlah sampel non probability sebanyak 100 konsumen yaitu
dengan menentukan 10 pelanggan untuk 10 hari penelitian yang pernah
memutuskan untuk menggunakan jasa transportasi Go-Jek (Go-ride) di Kota
Medan.
Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini adalah Studi dokumentasi,
wawancara (interview) dan angket (Questioner),. Tehnik analisis data yang
digunakan adalah regresi berganda, uji asumsi klasik, uji t, uji F dan koefisien
determinasi.
Berdasarkan hasil uji parsial dapat diketahui bahwa promosi yang dilakukan
aplikasi Go-Jek (Go-Ride) berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan
pengguna jasa Go-Jek (Goride) di kota Medan. Berdasarkan hasil uji parsial dapat
diketahui bahwa harga yang ditentukan aplikasi Go-Jek (Go-Ride) berpengaruh
secara signifikan terhadap keputusan pengguna jasa Go-Jek (Goride) di kota
Medan. Secara uji berganda, bawah promosi dan harga berpengaruh secara
signifikan terhadap keputusan pengguna jasa Go-Jek (Goride) di kota Medan.
Dari hasil koefisien determinasi dijelaskan bahwa keputusan menggunakan
jasa Go-Jek disebabkan oleh harga dan promosi sebesar 32,1% dan 67,9%
keputusan menggunakan jasa Go-Jek (Go-Ride) karena pelayanan, brand image
dan factor-faktor lain. |
en_US |