Abstract:
Tersedak didefinisikan sebagai penyumbatan atau hambatan respirasi oleh benda asing yang menyebabkan obstruksi di jalan napas internal yang menyebabkan kondisi berbahaya, sehingga harus cepat ditangani, karena itu dibutuhkan orang-orang disekitar mampu melakukan tindakan penanganan yang dipengaruhi oleh pengetahuan dan sikap. Tujuan: Mengetahui perubahan sikap dan pengetahuan guru Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Jalan Halat terhadap heimlich maneuver dan back blow pada anak setelah dilakukan pelatihan. Metode: Penelitian menggunakan desain pra-eksperimen dengan jenis rancangan one group pretest-posttest yang dilakukan dengan kuesioner kepada 30 sampel. Hasil Penelitian: Berdasarkan uji Wilcoxon sign rank test pada sikap diperoleh p=0,000 dan pengetahuan diperoleh p=0,000. Dari hasil tersebut nilai p value <0,05 yang berarti bahwa ada perbedaan bermakna terhadap variable-variabel yang diuji. Dapat diketahui dari uji statistik yang digunakan sikap guru SDN setelah dilakukan pelatihan adalah baik (95%) dan pengetahuan guru SDN setelah dilakukan pelatihan adalah baik yaitu sebanyak 30 orang (100%). Kesimpulan: Ada perubahan sikap dan pengetahuan guru sekolah dasar terhadap Heimlich maneuver dan back blow pada anak setelah dilakukan pelatihan.