dc.description.abstract |
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui fokus Kepala Madrasah dalam memimpin MTs Al-Jam'iyatul Washliyah dimana dengan menggunakan Kepemimpinan Partisipatif pelaksanaan Kinerja Guru berjalan dengan baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan Kinerja Guru yang terdiri dari indikator Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Kompetensi Pribadi dan Kompetensi Sosial merupakan suatu dasar yang menunjang segala kegiatan selama proses pembelajaran berlangsung. Selain itu dengan adanya keempat kompetensi tersebut tugas sebagai guru lebih terarah dengan baik. Pembagian Tugas dengan Merata, berdasarkan dedikasi dan produktifitas yang dimiliki setiap wakil Kepala Madrasah MTs Al-Jam'iyatul Washliyah dengan adanya pembagian tugas, maka struktur kepengurusan di MTs Al-Jam'iyatul Washliyah menjadi lebih tertata dengan baik. Hal ini, bertujuan untuk meningkatkan input, proses dan siswa MTs Al-Jam'iyatul Washliyah. Musyawarah bersama, setelah adanya kesepakatan antara Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah melalui pembelajaran daring maka dibentuk struktur pembagian tugas secara merata, maka dilakukan musyawarah pada rapat pelaporan nilai tugas, kerja dan proyek para siswa. Dan hasil akhir di kumpulkan menjadi administrasi kelengkapan Kinerja para Guru dan akan di evaluasi. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan kesepakatan bersama, baik kritik dan saran dari warga sekolah lainnya. Manajemen yang Partisipatif, sesuai dengan misi MTs Al-Jam'iyatul Washliyah, yang menggunakan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga madrasah, Wakil Kepala Madrasah, Guru dan Masyarakat. Tugas Kepala Madrasah yaitu mengawasi pelaksanaan Kompetensi Profesional dengan memutuskan setiap hasil dari rapat yang telah disepakati secara bersama-sama |
en_US |