Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan model
pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan menyunting teks laporan hasil
observasi siswa kelas X SMK Taman Siswa Medan Tahun Pembelajaran 2017-
2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 3 kelas
dengan jumlah 63 siswa. Sampel penelitian ini kelas X AP 2 ditetapkan dengan
cara random sampling dan dijadikan sebagai kelas eksperimen dengan jumlah
siswa 21 orang dan kelas X AP 3 ditetapkan dengan cara random sampling dan
dijadikan sebagai kelas kontrol dengan jumlah 21 orang. Metode penelitian ini
metode eksperimen.
Hasil dari penelitian ini diperoleh nilai menggunakan model pembelajaran
berbasis proyek oleh siswa kelas X SMK Taman Siswa Medan Tahun
Pembelajaran 2017-2018. Siswa yang memperoleh nilai 80-100 sangat baik 13
orang (61,90%), siswa yang memperoleh nilai 66-79 baik 6 orang (28,57%) dan
siswa yang memperoleh nilai 56-65 cukup 2 orang (9,52%). Nilai menggunakan
Model Konvensional. Siswa yang memperoleh nilai 66-79 baik 6 orang (28,57%),
siswa yang memperoleh nilai 56-65 cukup 4 orang (19,04%), dan siswa yang
memperoleh nilai 40-55 kurang 11 orang (52,38%). Selanjutnya pengujian
hipotesis thitung > ttabel, yaitu (5,18 > 1,684). Berarti terdapat Pengaruh Model
Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Menyunting Teks Laporan
Hasil Observasi Siswa Kelas X SMK Taman Siswa Medan Tahun pembelajaran
2017-2018.