Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh modepembelajaran Scramble terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Satu Atap Torgamba T.P 2019/2020 ?. (2) Seberapa bespengaruh model pembelajaran Scramble terhadap hasil belajar matematika padasiswa kelas VIII SMP Negeri 10 Satu Atap Torgamba T.P 2019/2020 ?. Tujuadalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh modpembelajaran Scramble terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Satu Atap Torgamba T.P 2019/2020, (2) Untuk mengetahuiseberapa besar pengaruh model pembelajaran Scramble terhadap hasil belajmatematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Satu Atap Torgamba T.P2019/2020. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metodeyang digunakan dalam penelitian adalah eksperimen. Populasi dalam penelitiaini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Satu Atap Torgamba dan yanmenjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII sebagai kelas eksperimeTekhnik dan alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalamelalui tes. Berdasarkan analisis data untuk kelas eksperimen ialah dari haspenelitian diperoleh nilai t hitung > t tabel yaitu 16.897248498 > 2.101 makadapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaraScramble terhadap hasil belajar matematika pada siswa SMP Negeri 10 Satu AtaTorgamba T.P 2019/2020, dan besarnya pengaruh penggunaan metodpembelajaran Scramble terhadap hasil belajar matematika siswa adalah sebes27.70 %.