dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan layanan konseling
kelompok dalam mengeskplorasi kemampuan berempati siswa kelas VIII MTs ALIttihadiyah
Medan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek dalam
penelitian ini adalah peneliti sendiri yang terlibat langsung melakukan layanan
konseling kelompok, dan bekerjasama dengan guru Bimbingan dan Konseling,
Objek dalam penelitian ini adalah 10 orang siswa kelas VIII yang kurang dalam
mengeksplorasi kemampuan berempati. Teknik pengumpulan data dalam penelitian
ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik
analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan konseling kelompok
sangat efektif dalam mengeksplorasi kemampuan berempati siswa di kelas VIII
dengan melihat hasil evaluasi kegiatan konseling kelompok yaitu Laporan Penilaian
Segera (LAISEG) yang menjukkan bahwa pada pertemuan pertama 40%,
pertemuan kedua 60%, pertemuan ketiga 80%. Dapat disimpulkan siswa sudah
mampu dalam mengeksplorasi rasa empati dan siswa dapat mengambil tindakan
dalam pengentasan masalah pada dirinya. |
en_US |