Research Repository

Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Menemukan Nilai Moral Dalam Cerpen Hadiah Untuk Ibu Karya Yulhasni Oleh Siswa Kelas Xi Tkj Tahun Pembelajaran 2017-2018

Show simple item record

dc.contributor.author Anjani, Tri Aprilia
dc.date.accessioned 2020-11-14T01:48:15Z
dc.date.available 2020-11-14T01:48:15Z
dc.date.issued 2018-04-05
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11262
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk menegetahui kemampuan menemukan nilai moral dalam cerpen menggunakan model Discovery Learning dan untuk mengetahui kemampuan menemukan nilai moral dalam cerpen menggunakan model konvensional (ceramah) terhadap kemampuan menemukan nilai moral dalam cerpen. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen yaitu metode penelitian kuantitatif dengan instrumen tes kemampuan menemukan nialai moral dalam cerpen, tes ini berbentuk essai. Pada penelitian ini yang akan menjadi popolasi adalah seluruh kelas XI TKJ Tarbiyah Islamiyah yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 67 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan acak kelas, maka diperoleh kelas XI TKJ-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TKJ-1 sebagai kelas kontrol. Tes ini diujikan setelah siswa mengikuti pembelajaran mengguanakan model Discovery Learning dan model konvensional (ceramah), karena penelitian ini bersifat komperatif, maka rata-rata nilai variabel dan dibandingkan satu sama lain. Perbandingan yang digunakan adalah statistik T-tes yakni uji coba beda rata-rata dua kelompok sampel independen. Berdasarkan hasil analisis data dan uji statistik diperoleh hasil penelitian, kemampuan menemukan nilai moral dalam cerpen menggunakan model Discovery Learning memperoleh nilai rata-rata 85, sedangkan menggunakan model konvensional (ceramah) memperoleh nilai rata-rata 52,58. Berdasarkan perolehan nilai rata-rata tersebut, maka model pembelajaran menggunakan model Discovery Learning lebih tinggi sebesar 69,44% pengaruhnya meningkatkan 21 siswa lain yang memperoleh hasil belajar lebih baik lagi menemukan nilai moral dalam cerpen. Pada tabel presentasi antara tabel kemmapuan menemukan nilai moral dalam cerpen menggunakan model konvensional (ceramah), mencapai13 siswa atau setara dengan 36,11% dengan kategori kurang. Sedangkan pada tabel presentasi tabel kemampuan menemukan nilai moral dalam cerpen menggunakan model Discovery Learning, (dengan perlakuan eksperimen), mencapai 69,44% dengan kategori baik. Dengan menggunakan model Discovery Learning siswa yang tadinya mencapai 70% tidak dapat menemukan nilai moral dalam cerpen, dengan digunakannya model Discovery Learning maka jumlah siswa yang tidak mengerti menjadi berkurang juga. Hipotesis diuji menggunakan uji-t, diperoleh > pada taraf signifikan α = 0,5 dengan dk = ( - ) – 2 = 65 yaitu 8,65 > 1,66, sehingga hipotesis dinyatakan benar dan diteirma. Hal ini berarti terdapat pengaruh model Discovery Learning terdapat kemampuan menemukan nilai moral dalam cerpen oleh siswa SMK Tarbiyah Islamiyah kelas XI TKJ Tahun Pembelajaran 2017-2018. en_US
dc.subject Pengaruh Model en_US
dc.subject Discovery Learning en_US
dc.subject Kemampuan Menemukan Nilai Moral en_US
dc.title Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Menemukan Nilai Moral Dalam Cerpen Hadiah Untuk Ibu Karya Yulhasni Oleh Siswa Kelas Xi Tkj Tahun Pembelajaran 2017-2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account