dc.description.abstract |
Permasalahan yang ditemukan dalam peneltian ini adalah siswa suka
membolos, agresif, suka menentang guru. Siswa merasa kesepian, marah, kehilangan
dan rasa bersalah, perasaan-perasaan tersebut terlihat dari dalam bentuk perilaku
seperti suka mengamuk, tidak ceria, tidak bergaul, prestasi belajar menurun.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan Konseling Individual
Melalui Teori Gestalt Dalam Mengurangi Kenakalan Siswa yang Brokenhome Di
Kelas X IPS Madrasah Aliyah Swasta Tahfizhil Qur’an Islamic Center Tahun
Pembelajaran 2018/2019.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research)
dengan model siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap penelitian tindakan, yaitu:
(1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Peneliti mengambil 4
orang siswa yang memiliki masalah kenakalan berdasarkan rekomendasi guru
bimbingan dan konseling. Instrumen yang digunakan adalah observasi dan
wawancara.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan konseling
Individual dapat Mengurangi Kenakalan Siswa Di Kelas X IPS Madrasah Aliyah
Swasta Tahfizhil Qur’an Islamic Center Sumatera Utara Tahun Pembelajaran
2018/2019. Setelah menerapkan Konseling Individual siswa semakin berkurang
Kenakalan Di Kelas X IPS Madrasah Aliyah Swasta Tahfizhil Qur’an Islamic Center
Sumatera Utara Tahun Pembelajaran 2018/2019. |
en_US |