Research Repository

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Ikan Laut Di Pasar Tradisional

Show simple item record

dc.contributor.author Dewanty, Dinda Puteri
dc.date.accessioned 2020-03-01T08:31:36Z
dc.date.available 2020-03-01T08:31:36Z
dc.date.issued 2018-04-04
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1121
dc.description.abstract Penellitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi untuk permintaan ikan laut di pasar tradisional di daerah penelitian. Dan untuk mengetahui pola konsumsi masyarakat di daerah penelitian. Metode penelitian ini menggunakan metode studi kasus (case study) , dan metode penentuan lokasi penelitian ditentukan dengan cara sengaja (purposive), serta metode penarikan sampel dilakukan dengan Metode Secara Kebetulan (Insedential), untuk pengumpulan data penelitian terdiri dari Data Primer dan Data Skunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dan observasi langsung ke konsumen dan pedagang ikan laut dengan menggunakan kuisioner yang telah disiapkan serta data sekunder diperoleh dari Dinas Pertanian dan Badan Pusat Statistik. Untuk metode analisis data menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif dan analisis regresi linier berganda yang di olah menggunakan SPSS 19. Dari pola konsumsi mayarakat di daerah penellitian menurut hasil penelitian bahwa ikan laut yang sering di konsumsi adalah ikan pari dengan persentase 43,3% dan ikan senangin yaitu 40%. Selanjutnya banyaknya ikan laut (kg) yang dikonsumsi oleh responden di daerah penelitian adalah 1 kg dengan persentase terbanyak yaitu 80%. Dari faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan ikan laut di pasar tradisional di daerah penelitian dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Menurut penelitian yang diteliti oleh peneliti hanya harga barang itu sendiri yang berpengaruh nyata terhadap permintaan ikan laut karena nilai signifikannya lebih kecil dari α (0,05). Nilai signifikannya adalah 0,000 < 0,05 maka H1 diterima dan H0 ditolak. Sementara harga barang lain dan pendapatan para pembeli tidak berpengaruh nyata terhadap permintaan ikan laut karena nilai signifikannya > α. en_US
dc.subject Deskriptif kuantitatif en_US
dc.subject Permintaan ikan laut en_US
dc.subject Pedagang en_US
dc.title Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Ikan Laut Di Pasar Tradisional en_US
dc.title.alternative Studi Kasus: Pasar Bengawan, Kecamatan Teluk Nibung, Kota Tanjung Balai en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account